Apa yang Dimaksud Dengan Promosi dari Definisi dan Tujuannya

Apa yang Dimaksud Dengan Promosi dari Definisi dan Tujuannya

Pengertian promosi menjadi hal yang penting untuk diketahui. Istilah ini sendiri dilakukan untuk mengiklankan produk atau merek hingga menciptakan pembelian dan loyalitas pada suatu produk atau brand (merek).

Dengan adanya promosi, penjualan  bisa lebih meningkat sesuai dengan harapan anda. Langkah untuk melakukan promosi juga beragam, tinggal Anda pilih sendiri promosi seperti apa yang ingin dilakukan sesuai yang akan dijelaskan dibawah ini.

Pengertian Promosi Menurut Ahli

pengertian promosi menurut para ahli

Definisi promosi cukup beragam, tergantung siapa yang mendefinisikannya. Selain pengertian secara umum, para ahli juga mendefinisikan arti dari promosi, seperti berikut ini:

  • Boone dan Kurtz => Promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.
  • Swastha => Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
  • Simmerer => Promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk mempengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan.
  • Harper Boyd => promosi bisa diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan

Sebenarnya masih banyak definisi dan arti kata promosi menurut ahli, selain ragam pengertian di atas. Meski demikian, jika ditarik secara garis besarnya, promosi bisa diartikan sebagai upaya untuk memberitahukan, menawarkan, serta membujuk konsumen agar melakukan pembelian pada suatu produk atau jasa tertentu.

Apa Saja Tujuan dari Kegiatan Promosi

tujuan dan goal dari promosi

Selain mengetahui definisi promosi, ada baiknya untuk mengetahui maksud atau tujuan dari kegiatan promosi. Tujuan dari kegiatan ini cukup beragam yaitu sebagai berikut:

  • Untuk mencapai tujuan => Tujuan yang pertama adalah untuk mencapai keinginana atau harapan dari si penjual. Promosi bisa dilakukan untuk menciptakan pertukaran yang cukup menguntungkan bagi pihak penjual melalui proses komunikasi dengan calon konsumen.
  • Mempengaruhi => Promosi juga bersifat mempengaruhi atau membujuk. Dalam hal ini, penjual atau pihak pemilik barang bisa mengatakan mengenai ragam kelebihan produk yang ia miliki dibandingkan dengan produk lain yang dijual. Hal ini dilakukan supaya calon konsumen tertarik dalam melakukan pembelian disana.
  • Menciptakan kesan => Tujuan dari promosi lainnya adalah untuk memberikan kesan kepada calon konsumen. Dalam hal ini, promosi bisa dilakukan dengan menggunakan gambar yang menarik melalui pemilihan warna, bentuk, serta layout yang bagus.
  • Memberikan informasi => Promosi bisa dilakukan untuk menambah nilai dari suatu barang dengan cara memberikan informasi kepada pihak konsumen. Informasi yang diberikan bisa berupa kelebihan barang, harga, ataupun informasi lainnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan keinginan konsumen dalam melakukan pembelian.

Promosi memiliki beberapa hal yang ingin dicapai. Adapun tujuan utama dari kegiatan yang satu ini adalah untuk membujuk calon konsumen supaya mau melakukan pembelian di penjual atau pemilik produk yang bersangkutan.

Jenis Promosi yang Mudah Anda Lakukan

jenis promosi yang bisa dilakukan

Ada banyak jenis promosi bisa anda lakukan dan pilih sesuai dengan kebutuhan yang dinamakan dengan istilah bauran promosi. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi melalui media digital atau jejaring sosial. Sekarang ini, ada banyak jejaring sosial yang bisa digunakan mulai dari dari Facebook, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya.

Selain bentuk promosi di atas, Anda juga bisa membuat promosi melalui spanduk. Spanduk sendiri merupakan kain rentang yang bisa diisi dengan beragam informasi mulai dari slogan hingga promo produk yang dimiliki.

Itulah informasi penting mengenai pengertian promosi. Untuk membuat spanduk yang berkualitas, Anda bisa segera hubungi percetakan bandung Padasuka printing yang merupakan bagian dari Execom Printing. Kami menyediakan jasa percetakan untuk beragam keperluan seusai dengan yang Anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan