Jenis Media untuk Melakukan Promosi dan Tips Tepat Melakukannya

Jenis Media untuk Melakukan Promosi dan Tips Tepat Melakukannya

Terdapat banyak media promosi yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu penerapan strategi pemasaran dalam berjualan. Promosi sendiri merupakan langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Dengan adanya promosi, masyarakat secara meluas akan lebih mengenal produk atau jasa yang Anda jual.

Hingga saat ini, ada banyak sekali bentuk promosi yang dilakukan melalui berbagai media tertentu yang disebut juga sebagai bauran promosi. Dalam hal ini, Anda bisa sesuaikan sendiri media promosi yang digunakan dengan jenis produk atau jasa yang dijual.

Berbagai Jenis Media Promosi yang Relevan Saat Ini

jenis media untuk menyampaikan promosi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada banyak media yang bisa digunakan sebagai media dalam mengiklankan produk. Beberapa media yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Brosur => Sarana promosi yang pertama adalah brosur. Penggunaan brosur memang telah umum digunakan sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk atau jasa yang dijual. Brosur sendiri terdiri dari lembaran satu muka atau bisa pula bolak balik yang berisi informasi mengenai barang yang dijual.
  • Poster => Anda juga bisa menggunakan poster sebagai salah satu cara untuk beriklan. Poster sendiri merupakan bentuk promosi yang ccukup umum dan bisa ditemukan di berbagai tempat. Anda bisa menyesuaikan sendiri ukuran kertas untuk dipakai sebagai poster dan desain apa yang cocok diterapkan di dalamnya.
  • Televisi => Televisi menjadi salah satu sarana promosi yang mampu menarik banyak orang. Hal ini tidak lepas dari banyaknya orang yang gemar menonton TV. Sayangnya, menggunakan televisi sebagai langkah promosi, bisa memakan biaya cukup banyak. Jika budget promosi terbatas, sebaiknya tidak menggunakan media yang satu ini.
  • Media internet => Ada juga media internet yang bisa meningkatkan hasil penjualan dari produk dan jasa yang Anda miliki. Salah satu media di internet yang cukup menarik untuk beriklan adalah melalui jejaring sosial. Ada banyak jejaring sosial yang bisa digunakan mulai dari Facebook, Instagram, hingga memanfaatkan Youtube.
  • Merchandise => Media menarik untuk beriklan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan merchandise. Beberapa merchandise yang bisa dimanfaatkan antara lain adalah topi, mug, payung,tote bag, bantal, baju, dan lain sebagainya.

Selain beberapa sarana promosi di atas, Anda juga bisa memanfaatkan beragam media lainnya untuk memasarkan produk yang Anda miliki. Hal ini sangat bermanfaat bagi brand maupun instansi yang membutuhkan sarana promosi.

Tips-Tips Melakukan Promosi yang Tepat

media promosi yang tepat

Ada banyak sarana promosi yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pemasaran. Meski demikian, tidak semua pemasaran bisa tepat sasaran. Untuk itu, diperlukan tips agar pemasaran bisa dilakukan secara lebih baik dan tepat. Beberapa tips yang bisa dipertimbangkan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Gunakan gambar yang menarik => Tips yang pertama adalah dengan menggunakan gambar yang menarik. Dengan adanya gambar menarik tersebut, orang juga akan tertarik untuk melihat gambar dari sarana promosi yang Anda gunakan.
  • Kata-kata yang menarik => Tips yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kata-kata yang menarik. Anda bisa menggunakan ragam kata persuasif yang mampu menarik minat dari para pelanggan.
  • Membagikan contoh produk => Langkah promosi menarik yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan membagikan contoh produk. Saat ada yang menggunakan produk contoh tersebut dan merasa cocok, orang tersebut bisa menjadi calon konsumen yang setia nantinya.

Setelah Anda tahu macam media promosi, Anda bisa mencari produsen berbagai media tersebut. Anda bisa hubungi kami yang merupakan jasa percetakan di bandung juga seluruh Indonesia untuk banner, spanduk, dan lain sebagainya. Spanduk dan banner sendiri merupakan salah satu sarana promosi yang bisa diandalkan untuk menarik pelanggan.

Tinggalkan Balasan