Jenis Bahan  Sticker Cutting dan Perbedaannya dengan Sticker Printing

Jenis Bahan Sticker Cutting dan Perbedaannya dengan Sticker Printing

Cutting sticker bisa diartikan sebagai sticker potong atau sticker yang dibuat dengan cara dipotong sesuai dengan desain yang diinginkan. Proses pemotongan, dilakukan dengan menggunakan mesin potong otomatis. Sticker sendiri merupakan salah satu media yang digunakan untuk menunjukkan label, nama suatu komunitas, dan lain sebagainya.

Penempatan sticker bisa dilakukan di berbagai tempat, mulai dari motor, mobil, buku, helm, meja, kulkas, dan lain sebagainya.

Jenis Bahan untuk Pembuatan Cutting Sticker

cutting sticker

Sticker  ini dibuat dengan beberapa bahan yang tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Dilihat dari sifat pantulan cahayanya, sticker ini terdiri dari beberapa bahan yang berikut ini:

  • Reflective sheet => Bahan cutting yang pertama adalah reflective sheet. Material yang satu ini bisa memantulkan cahaya serta bisa dilihat secara lebih jelas saat malam hari datang. Beberapa orang juga memanfaatkan sticker dari reflective sheet untuk mobil ataupun motor agar lebih keren dari segi penampilan.
  • Biasa => Ada juga sticker jenis cutting yang terbuat dari bahan biasa. Tidak seperti bahan di atas, cticker yang satu ini tidak memantulkan cahaya di saat malam hari. Anda bisa menggunakan sticker yang satu ini untuk wrapping mobil ataupun branding

Selain bahan sticker di atas, ada juga sticker yang dibedakan berdasarkan tempat pemakaiannya. Ada sticker indoor ataupun outdoor. Untuk sticker dalam ruangan, biasanya menggunakan bahan dari syntetic vinnyl indoor. Sedangkan outdoor, biasa terbuat dalam syntetic outdoor.

Kelebihan Menggunakan Sticker Jenis Cutting

kelebihan cutting sticker

Penggunaan sticker ini bukanlah tanpa alasan. Hal ini tidak lepas dari beragam kelebihan yang ia tawarkan, seperti yang berikut ini:

  • Warnanya tidak mudah pudar => kelebihan penggunaan sticker ini yang pertama adalah memiliki warna yang tidak mudah pudar. Hal ini tidak lepas dari penggunaan pigmen warna permanen sejak dilakukannya proses produksi oleh pabrik. Jenis sticker yang satu ini tidak menggunakan tinta sebagai pewarnanya.
  • Tahan lama => kelebihan yang selanjutnya adalah lebih tahan lama. Penggunaan jenis sticker yang satu ini memiliki ketahanan di luar ruangan sampai dengan 5 tahun, jika dibandingkan dengan printing sticker.
  • Lebih fleksibel => Anda bisa menggunakannya jenis sticker yang satu ini untuk berbagai keperluan. Dalam hal ini, Anda bisa menempelkannya di berbagai media sesuai dengan kebutuhan.

Selain kelebihan di atas, masih banyak kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari sticker ini. Tentunya salah satu fungsinya bisa membantu promosi usaha atau produk Anda.

Perbedaan Sticker Jenis Cutting dan Printing Sticker

contoh cutting stiker

Sticker jenis cutting dan printing sticker, merupakan 2 jenis sticker yang berbeda. Perbedaan keduanya bisa dilihat dari berbagai segi, seperti yang berikut ini:

  • Dari segi harga => Dilihat dari segi harganya, sticker cutting dianggap sebagai jenis sticker yang lebih mahal. Proses pembuatan jenis sticker yang satu ini membutuhkan kejelian tingkat tinggi, sehingga memakan biaya yang lebih tinggi. Sedangkan, printing cutting memiliki harga yang lebih murah karena prosesnya yang lebih mudah.
  • Warna => Dari segi warna, sticker jenis cutting terbatas untuk jenis warna yang solid. Berbeda dari jenis printing sticker yang tidak ada masalah dari segi warna hingga gradasi yang bisa dicetak dalam jenis sticker yang satu ini.

Tertarik membuat cutting sticker untuk beragam keperluan? Anda bisa lakukan pemesanan di Percetakan Bandung. Kami siap membuatkan sticker berkualitas, dengan harga terjangkau sesuai dengan kebutuhan. Tersedia pula ragam produk menarik lainnya mulai dari roll banner, pamflet, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan